Senin, 14 November 2016

Profil Habib Muhammad Rizieq Syihab (KETUM FPI) dan Biografi Lengkap

Nama Habib Rizieq saat ini sangat ramai menjadi topik perbincangan oleh berbagai media. Baik dari televisi, surat kabar maupun website banyak yang mengulasnya. Sekarang kami akan membahas mengenai profil Habib Rizieq lengkap dengan biografi, pekerjaan, hingga akun sosial media yang ia miliki. Silahkan simak di bawah ini.

Profil Habib Muhammad Rizieq Syihab

Mempunyai nama lengkap Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab. Ia lahir di Jakarta pada 24 Agustus 1965. Sekarang ini ia berusia 51 tahun. Habib Rizieq sendiri menjabat sebagi ketua umum atau pemimpin dari organisasi Front Pembela Islam. Ia dikenal sebagai tokoh Islam Indonesia yang sangat tegas. Berani mengatakan yang haq itu haq dan yang batil itu batil. Selain itu juga Habib Rizieq sering kali diundang sebagai penceramah atau tabligh akbar yang dikunjungi oleh berbagai kalangan hingga ribuan orang. Dengan organisasi FPI nya lah ia memiliki ribuan pengikut dengan dalih Jihad.
Nama Lengkap
Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab
Nama Ayah
Habib Husein bin Muhammad Shihab
Nama Ibu
Syarifah Sidah Alatas
Nama Istri
Syarifah Fadhlun Yahya binti Faadhil
Tempat Tanggal Lahir
24 Agustus 1965
Profesi
Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI)
Instagram
Habib.rizieq
Seperti yang dilansir pada situs arrohim.com mengatakan bahwa Habib Rizieq memiliki nasab hingga sampai ke Rasulullah SAW. Begitu pun dengan nasab sang istri yang bernama Syarifah Fadhlun Yahya binti Faadhil. Dengan istrinya inilah ia dikarunia dengan 7 orang anak. Yang sekarang tinggal di JL Petamburan III Tanah Abang Jakarta Pusat.

Pada tahun 1966 Al Habib Rizieq di tinggal oleh ayahnya, AL Habib Husein yang usianya masih 11 bulan. Jadi ia tidak bisa mengingat wajah dari seorang ayah selain dari foto. Sebelum meninggalkan Habib Rizieq, ayahnya berpesan:
"Tanyakan kepada putra saya ini, kalau sudah besar mau menjadi ulama atau jagoan. Kalau mau jadi ulama, didik agamanya dengan baik. Kalau mau jadi jagoan, berikan dia golok".
Dari kecil Al Habib Rizieq tidak pernah belajar di pesantren. Namun sering belajar mengaji di masjid masjid, karena sang ibu (Syarifah Sidah Alatas) sangat memperhatikan pendidikan dari salah satu anaknya ini. Untuk menghidupi keluarganya, sang ibu bekerja sebagai seorang penjahit serta perias pengantin. Dulu ia bertempat tinggal di Petamburan Jakarta Pusat dan belajar di SMP Pejompongan Jakarta Pusat. Karena jaraknya yang cukup jauh dari rumah, ia pindah ke SMP Kristen Bethel Petamburan. Hingga lulus SMA ia melanjutkan studinya ke King Saudi University di Arab Saudi dengan masa kuliah empat tahun.

PENDIDIKAN HABIB RIZIEQ


  • SDN 1 Petamburan, Jakarta (1975)
  • SMP 40 Pejompongan, Jakarta
  • SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta (1979)
  • SMAN 4, Gambir, Jakarta
  • SMA Islamic Village, Tangerang (1982)
  • Jurusan Studi Agama Islam (Fikih dan Ushul) King Saud University (S1), Riyadh, Arab Saudi (1990)
  • Studi Islam, Universitas Antar-Bangsa (S2), Malaysia
  • Universitas Antar-Bangsa (S3), Malaysia

PEKERJAAN HABIB RIZIEQ


  • Kepsek Madrasah Aliyah Jamiat Kheir, Jakarta
  • Dewan Syariat BPRS At-Taqwa, Tangerang
  • Pimpinan/pembina sejumlah majelis ta’lim Jabotabek
  • Presiden Direktur Markaz Syariah
  • Imam Besar Front Pembela Islam (FPI)
  • Mufti Besar Kesultanan Darul Islam Sulu (gelar: Datuk Paduka Maulana Syar'i Sulu)

Mulai tanggal 17 Agustus 1998 ia meresmikan Front Pembela Islam (FPI) yang merupakan organisasi massa Islam yang terletak di Jakarta. FPI sendiri mempunyai kelompok yang bernama Laskar Pembelas Islam atau bisa dikatakan sebagai paramilitir dari FPI yang sering melakukan "penertiban" terhadap beberapa kegiatan kegiatan maksiat dan bertentangan dengan syariat Islam. Biasanya aksi ini dilakukan pada saat bulan Ramadhan dan juga tak jarang terjadi kekerasan.

Banyak sekali hal yang terjadi dalam hidup AL Habib Rizieq ini. Namun kami kesulitan untuk membuat ulasan lengkap dan panjang mengenai apa saja yang terjadi pada organisasi Front Pembela Islam yang didirikannya. Nama dari tokoh Ulama ini sangat melejit pasca dilakukannya DEMO AKSI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 untuk menghakimi Ahok (gubernur Jakarta non aktif) yang dituduh melakukan penistaan Agama Islam terkait ucapannya yang membawa Ayat Al Maidah 51.

Di akun instagramnya @habib.rizieq ia sering mengunggah meme atau foto dengan kalimat kalimat yang terkait dengan masalah keIslaman di tanah air. Seperti kasus penistaan Agama yang terjadi bulan November 2016 ini dan DEMO AKSI DAMAI 4 NOVEMBER 2016. Kamu bisa melihat postingan langsung dari akun asli Habib Rizieq.

Sekian informasi dari kami terkait dengan Profil Habib Rizieq dan Biografi Lengkapnya. Mohon maaf jika ada penulisan atau hal yang kurang tepat dari artikel ini. Kami sudah berusaha sebaik baiknya untuk mengambil materi dari sumber yang terpercaya. Terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar